“Setetes Darah Anda” Bermanfaat Bagi Anda dan Orang Lain

Minggu, 18 Fabruari 2017



Salah satu kegiatan atau program kerja yang diadakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan 2018 (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di Desa Tulungrejo ialah dengan mengadakan agenda kemanusiaan yaitu donor darah yang bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) dan juga KOMPAK (Komunitas Pare Apik).

Palang Merah Indonesia itu sendiri merupakan salah satu organisasi yang melakukan kegiatan untuk kemanusiaan. Diantara tugas PMI antara lain (sumber : pmi.malangkota.go.id) :
1. Kesiapsiagaan bantuan penanggulangan bencana,
2. Pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan,
3. Pelayanan kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat, dan
4. Pelayanan transfusi darah (sesuai Peraturan Pemerintah no.18 tahun 1980).

Sedangkan, KOMPAK (Komunitas Pare Apik) sendiri merupakan salah satu komunitas yang elit di Kota Pare. Tujuan dari berdirinya komunitas ini salah satunya adalah untuk agenda kemanusiaan.
Agenda yang dilakukan kemarin (18/02) mengajak masyarakat untuk saling berkontribusi dalam agenda sosial kemanusiaan. Acara yang berlangsung ini diadakan di Jl. Pb. Sudirman, Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur saat acara car free day mengadakan pelayanan transfusi darah bagi siapa saja yang berminat mendonorkan darahnya.

Tranfusi darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya :
1. Mengurangi resiko penyakit hipertensi,
2. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke,
3. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh,
4. Memperlancar peredaran darah dalam tubuh,
5. Membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar,
6. Memaksimalkan produksi sel darah merah,
7. Mendeteksi penyakit serius secara dini.
Manfaat tranfusi darah memanglah banyak, selain baik untuk kesehatan bagi pendonornya dan juga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Kami mahasiswa KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa saling membantu dan bisa mengajak agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Dalam Islam sendiri saling bantu membantu merupakan salah satu bentuk ibadah. Sesuai dengan hadist nabi yaitu :

“Khoirunnas anfa’ uhum linnas”

yang artinya : “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain” (HR. Bukhori Muslim)

Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.